Minggu, 21 Oktober 2018

Ayo Mengabdi "mBangun Deso"

 

“Mengenal dan membangun Indonesia dari beragam sudut perspektif kegiatan Traveling yang bermakna. Hanya satu tanah air ku, Ia berkembang hanya dengan usahaku. Dimulai dari hal kecil, dari diri kita masing-masing, karena kejayaan Indonesia berada di tangan pemuda.” ~Agent Inovator MD


Ayo Mengabdi  merupakan kegiatan pengabdian daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) yang terbuka untuk masyarakat umum lintas disiplin ilmu. Ayo mengabdi dirancang untuk mengembangkan dan menghubungkan daerah 3T di seluruh Indonesia. Pengabdian yang dilakukan meliputi bidang ekonomi, pendidikan, peternakan, kesehatan dan pariwisata Melalui kegiatan ini kamu akan diajak mengenal lebih dekat kearifan lokal dan sisi lain dari daerah 3T. Dengan semangat volountarism kami mengajak seluruh pemuda-pemudi Indonesia untuk menjadi garda terdepan dalam mengembangkan daerah 3T.


Lokasi Pengabdian 

Kampung Wae Rebo terletak di desa Satar Lenda, Kabupaten Manggarai, NTT, dewasa ini telah berkembang menjadi salah satu objek wisata. Hal ini tidak terlepas dari upaya masyarakat setempat untuk mempertahankan rumah tradisional yang biasa disebut mbaru niang. Tujuan pengabdian di Kampung Adat Wae Rebo adalah untuk  menganalisis potensi-potensi wisata yang dimiliki Kampung Wae Rebo, baik yang sudah dikembangkan maupun yang belum dikembangkan. Selain itu agent inovator akan diajak untuk melakukan pengabdian baik dalam bidang pendidikan, ekonomi ataupun sosial serta mengembangkan komoditi lokal masyarakat setempat, seperti kopi dan madu. 

Kampung Adat Badui. Indonesia merupakan negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Salah satunya yaitu  Suku Baduy yang hidup dan  menetap di Kabupaten Lebak Provinsi Banten.  Masyarakat Baduy merupakan salah satu komunitas sosial yang hingga saat ini masih memegang teguh pada pikukuh  mereka terhadap alam. Sistem kehidupan yang sederhana ialah  modal dasar dari keutuhan alam dengan tidak mengubah sesuatu yang ada. Salah satu basis yang menjadi keunikan Masyarakat Baduy yaitu mereka secara turun temurun menjaga dan melestarikan lingkungan alam. Konsep hidup yang tidak matrealis menjadikan mereka lebih sederhana dan tidak menuntut sesuatu yang berlebihan.

 

Apa Saja Fasilitas yang di Dapat?

  1. Setiap peserta yang lolos seleksi, tiket perjalanan PP akan di cover oleh panitia dari titik meeting point.
  2. Semua peserta yang lolos, kebutuhan konsumsi selama kegiatan akan ditanggung dan dipersiapkan oleh panitia.

  3. Akomodasi peserta selama kegiatan sepenuhnya akan ditanggung oleh panitia.

  4. Selain itu, peserta terpilih juga akan mendapatkan E-Sertifikat dan marchendaise.


Syarat dan Ketentuan 
  1. Kegiatan Ayo mengabdi terbuka untuk masyarakat umum lintas didiplin ilmu dengan batasan usia 16-35 tahun
  2. Memiliki kemauan dan semangat untuk mengabdi, mengembangkan potensi lokal daerah dan loyalitas yang tinggi

  3. Sehat jasmani dan rohani

 



 

 

 

 

More info klik @mBangundeso.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar