Rabu, 01 Januari 2020

Kisah Ibu Rostina, Perempuan Disabilitas Penyintas Bencana di wilayah Pantai Barat Donggala


Ibu Tina, nama panggilan Ibu Rostina, salah seorang disabilitas tuna daksa (kakinya mengecil, sehingga tidak bisa menopang tubuhnya) sejak kecil diakibatkan karena polio. Beliau adalah salah satu perempuan pelaku usaha kecil yang juga penyintas bencana di Desa Tompe, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Meskipun dalam kondisi terbatas, beliau tetap berusaha bertahan mengelola warung kecilnya, karena beliau adalah satu-satunya pencari nafkah yang menghidupi keponakan dan ibu tirinya (yang sudah lansia). Sebelum bencana beliau memakai kursi roda dalam menjalankan aktivitas menjaga kios, tetapi setelah bencana beliau dibantu oleh keponakannya karena warungnya sempit dan modelnya panggung sehingga tidak bisa memakai kursi roda.

Setelah bencana, warungnya sempat berhenti karena rumah mereka terdampak banjir rob, namun kemudian bangkit lagi karena beliau berpikir hanya pekerjaan itu yang bisa dilakukannya. Dan yang menjadi salah satu pendukung usahanya untuk bisa berkembang, adalah adanya bantuan modal usaha dan pendampingan usaha yang diberikan oleh YSKK-ChildFund International melalui proyek pemulihan awal mata pencaharian perempuan di wilayah PASIGALA (Palu-Sigi-Donggala) pada bulan Maret-Oktober 2019 lalu.

Beliau adalah salah satu sasaran program yang sangat bersemangat. Setiap kegiatan, baik sosialisasi, pelatihan, maupun pertemuan kelompok beliau berusaha untuk bisa hadir. Biasanya beliau diantar oleh keponakannya dengan dibonceng motor sambil diikatkan kain ke tubuhnya atau dengan diantar tetangganya yang memiliki mobil. Pernah suatu waktu, karena keponakannya harus menjaga warung saat beliau ikut pelatihan, sehingga tidak bisa menjemput, maka kami (pendamping YSKK) mengantar beliau pulang dengan mobil operasional program.

Karena dukungan dan kepedulian orang-orang di sekitarnya, yang selalu memotivasi, maka diapun terus bersemangat dalam menjalankan usaha warung miliknya, yang berlokasi di pinggir jalan utama pantai barat tersebut. (IS)


#PasigalaBangkit #SultengBangkit #YSKKBerkarya #DayOfPersonWithDisabilities #PerempuanBerdaya #SulawesiEarlyRecoveryPhase #DisabilitasBerdaya




Dokumentasi Proyek


Warung milik ibu Rostina di Desa Tompe, Sirenja, Donggala

Ibu Rostina sedang menunggu pembeli di warungnya yang sudah dibikin panggung,
karena banjir rob air laut yang rutin datang

Ibu Rostina sedang menunggu pembeli di warungnya

Ibu Rostina sedang melayani pembeli di warungnya

Ibu Tiri dari Ibu Rostina yang sudah lansia

2 komentar:

  1. Semangat ibu Tina perjuanganmu adalah motivasi bagi mereka yg sadar akan indahnya sebuah impian dan tindakan sekalipun dalam kondisi fisik terbatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas dukungannya...
      Terus bergerak dan menginspirasi...

      Hapus