Senin, 29 Juli 2019

Sudah Ramah Anakkah Lembaga PAUD Kita?

"Dari uji coba penilaian indeks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilakukan oleh Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK), sebagian besar PAUD di wilayah Kaupaten Sukoharjo ramah anak. Namun sayang para pendidik justru belum memahami hak-hak anak." ~25/07/2019


Sekitar 90 persen PAUD  sudah ramah anak, namun belum banyak pendidik memahami tentang hak-hak anak. Untuk itu YSKK mendorong pemerintah untuk menginisiasi program peningkatan kapasitas bagi pendidik, tenaga pendidik atau pengawas.

Hanya sekitar 13 persen pendidik paham soal itu.  Hak anak itu paling fundamental untuk mewujudkan PAUD berperspektif pada kebutuhan anak. Pemerintah harus didorong untuk dapat terus mengoptimalkan implementasi PAUD Ramah Anak.

Dari 32 lembaga PAUD yang tersebar di 12 kecamatan sekitar 90 persen telah memenuhi indikator PAUD ramah anak. Indeks PAUD ramah anak ini diukur dari empat aspek penilaian, yakni: (1) Kebijakan PAUD Ramah Anak, (2) Kurikulum dan Program, (3) Sarana dan Prasarana, (4) Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, dengan total sekitar 70 indikator.

 Pemaparan dan Tanggapan Hasil Riset Indeks PAUD Ramah Anak oleh Dra.Siti Nurngaeni S.Pd., 
Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo

Dari penillaian yang sudah dilakukan, masing-masing aspek memiliki tingkat  pemenuhan tinggi, seperti pada aspek Kurikulum dan Program PAUD memiliki pembelajaran toilet  training. Pada aspek Pendidik dan Tenaga Pendidik ada laporan hasil penilaian setiap anak didik kepada kepala sekolah, orang tua secara berkala.

Lalu lantai ruang belajar atau kelas tidak licin, letak tempat cuci tangan terjangkau oleh anak, dan akses menuju lembaga PAUD mudah. Lokasi bisa dijangkau dengan sepeda motor pada aspek Sarana dan Prasarana. Dari 32 lembaga PAUD yang menjadi responden setidaknya 100 persen telah memenuhi indikator. Bahkan mereka punya kebijakan tertulis soal jaminan makanan dan minuman sehat yang beredar di lingkungan sekolah.

Namun, indikator dalam pemenuhan terendah pada aspek sarana dan prasarana yang terkait ketersediaan jalur evakuasi bencana. Sarana  evakuasi bencana belum dikenali semua warga sekolah atau lembaga PAUD. Meskipun, Sukoharjo memang merupakan wilyah aman, namun ada kemungkinan munculnya bencana akibat kelalaian manusia, misal kebakaran. Ini yang masih perlu menjadi perhatian bersama. 

Pemaparan Hasil Riset Indeks PAUD Ramah Anak di Kabupaten Sukoharjo

 Penyerahan Sertifikat Penghargaan untuk 3 Lembaga dengan Hasil Tertinggi


Berita terkait:
- Suara Merdeka Solo - 91 persen PAUD di Sukoharjo Kategori Ramah Anak
Tribunnews Solo - 91 PAUD di Sukoharjo Penuhi Indikator Ramah Anak
- Suara Merdeka - Ironis! Guru PAUD Ramah Anak Belum Paham Hak-hak Anak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar