Kamis, 29 September 2016

Perempuan Berdaya, Keluarga dan Masyarakat Sejahtera


“Kelompok Perempuan Usaha Kecil (KPUK) Pantura Mekar Jaya Desa Kalipang, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang harus solid dan mandiri agar mampu membawa perubahan di masyarakat,” tegas Ibu Budi Dayanti, KaBid. PKHPP BP3AKB Provinsi Jawa Tengah. Motivasi tersebut disampaikan pada sambutan di awal kegiatan Supervisi dan Pendampingan Program Pendidikan Kemasyarakatan Berperspektif Gender (PKBG), Rabu (21/09) lalu.
 
Program PKBG merupakan sebuah program pendidikan kritis untuk perempuan kerjasama antara Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK) wilayah Jawa. Program ini sudah dilaksanakan di 9 kabupaten, dan rencananya akan dikembangkan di seluruh kab./kota di wilayah Jawa Tengah.


Tahun 2016 ini merupakan tahun pertama yang dilaksanakan di 4 Kabupaten (Pemalang, Rembang, Wonosobo dan Purworejo), oleh sebab itu perlu adanya langkah strategis untuk mengetahui seberapa besar manfaat yang diperoleh kelompok perempuan di masing-masing wilayah program.

Pembentukan kelompok yang sudah dilakukan, diharapkan bisa menjadi wadah aspirasi bagi perempuan dan sebagai inisiasi lembaga keuangan perempuan yang akan dibentuk pada tahapan program selanjutnya. Pemberdayaan kelompok perempuan yang sudah dilakukan diharapkan bisa memperkuat perekonomian keluarga dan masyarakat kearah yang lebih baik, seiring dengan peningkatan kapasitas dan daya kritis perempuan yang sudah mengikuti tahapan program sebelumnya.

Kegiatan Supervisi dan Pendampingan ini sebagai upaya untuk sarana monitoring dan evaluasi, sejauhmana progress kegiatan yang sudah dilaksanakan dan bagaimana dampaknya
terhadap kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ibu Rusmiyati, KaBid. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Rembang, yang menyampaikan kesiapannya untuk mendukung pengembangan kelompok dan memperkuat jaringan kelompok dengan membukakan akses terhadap Dinas/SKPD terkait. (IS)


Ditulis oleh: Iwan Setiyoko
Fasilitator kegiatan & anggota KEW ASPPUK Jawa
Baca juga di http://yskk.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar