Rabu, 01 Agustus 2018

Pemberdayaan Masyarakat Kunci Pembangunan


Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial dalam rangka memperbaiki situasi dan kondisi dirinya sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif dalam setiap proses, sehingga masyarakat tidak hanya menjadi obyek (penerima manfaat) saja, namun juga menjadi subyek (motor penggerak) utamanya.

Tugas mulia yang harus diemban oleh seorang fasilitator/pendamping masyarakat, yang telah mendedikasikan dirinya untuk berproses bersama masyarakat menuju kemandirian. Semangat inilah yang mendorong LPMAK Papua sebagai salah satu lembaga yang fokus dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat di Timika, Papua untuk menyelenggarakan "Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat" bagi staf pendamping lapangannya bekerjasama dengan YSKK pada tanggal 4-7 Juli 2018 lalu, di Kota Solo. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta semakin meningkat kapasitasnya, baik dari sisi pengetahuan, ketrampilan, dan sikapnya, sehingga nantinya bisa memfasilitasi (melakukan proses pendampingan) masyarakat secara berkelanjutan.

Pentingnya Kapasitas Fasilitator PM

Bagi kawans dan mitra/jaringan di seluruh wilayah Indonesia yang berminat melakukan peningkatan kapasitas diri sebagai seorang Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat yang unggul, silahkan bergabung dalam Pelatihan Reguler Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat yang rutin diselenggarakan oleh YSKK setiap tahunnya, di Kota Solo.

Pelatihan ini cocok untuk Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LKMD/LPMD, Fasilitator/Pendamping Masyarakat, Pegiat Sosial/Desa/Kemasyarakatan, pejabat Dinas/SKPD, LSM/NGO, Swasta/CSR Perusahaan serta berbagai pihak yang berkomitmen dalam proses pemberdayaan masyarakat di Indonesia, agar pelaksanaan programnya dapat lebih optimal. 

Informasi lengkap mengenai pelatihan-pelatihan tersebut silahkan menghubungi ​saya: (Iwan Setiyoko; HP/WA: 081329188236)​. Terima kasih...


#YSKKBerkarya 
#PelatihanRegulerYSKK 
#PemberdayaanMasyarakat 
#DesaMembangunIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar