Selasa, 29 Mei 2018

Strategi Efektif Pemberdayaan Difabel Berbasis RBM

 
"Melalui lokakarya ini, diharapkan bisa terumuskan rencana aksi bersama multi pihak dalam mendukung pemberdayaan penyandang disabilitas (difabel) berbasis RBM. Karena saat ini RBM dinilai sebagai sebuah strategi yang cukup efektif." ungkap Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (DinSos) Kabupaten Sukoharjo, R. Lilik Dwi Purwito, SE., Msi. dalam sambutannya, Kamis (3/5) kemarin.

"Saat ini Kabupaten Sukoharjo juga telah memiliki Perda Disabilitas yang bisa dijadikan sebagai pijakan dalam pelaksanaan berbagai program terkait pemberdayaan difabel tersebut." lanjutnya.

Hal ini terungkap pada saat pembukaan Lokakarya Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) kepada Sumber Potensi Sosial Kabupaten Sukoharjo yang akan dilaksanakan selama dua hari, 3-4 Mei 2018 lalu, di Istana Hapsari Sukoharjo. Kegiatan yang diinisiasi oleh DinSos bekerjasama dengan Program Peduli Karinakas Yogyakarta tersebut diikuti perwakilan lintas unsur dari seluruh wilayah Sukoharjo.

Adapun unsur-unsur yang terlibat dari 12 kecamatan tersebut, di antaranya: Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Program Keluarga Harapan (PKH), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tim RBM, DinSos, Tim Data Center, serta Kelompok Disabilitas yang tergabung dalam SHG dan Sehati. 

"Di tingkat desa, beberapa SHG (Self Help Groups) Difabel di Kecamatan Tawangsari dan Polokarto telah mendapatkan alokasi pendanaan dari Dana Desa. Semoga hal ini bisa juga diikuti oleh seluruh SHGs yang sudah terbentuk di seluruh wilayah Sukoharjo." ungkap Joko Sudarsono dari Sehati dalam pengantar sesi diskusi kelompok.

Alur kegiatan yang difasilitasi oleh salah seorang Pegiat Yskk Solo, Iwan Setiyoko ini adalah (1) Penyamaan pemahaman tentang pemberdayaan difabel berbasis RBM; (2) Identifikasi para pihak, potensi, dan permasalahan di masing-masing wilayah; serta (3) Penyusunan rencana aksi bersama. Harapannya, dengan tersusunnya rencana aksi bersama tersebut, pelaksanaan program pemberdayaan difabel dari tingkat desa, kecamatan, sampai dengan kabupaten dapat berjalan secara sinergis dan berkelanjutan. (IS)

Dokumentasi Proses Kegiatan

 Sambutan dari Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (DinSos) Kabupaten Sukoharjo, 
R. Lilik Dwi Purwito, SE., Msi.

Pengarahan dari Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (DinSos) Kabupaten Sukoharjo, 
R. Lilik Dwi Purwito, SE., Msi.
 Masukan dari Organisasi Difabel SEHATI di Kabupaten Sukoharjo

 
  Masukan dari Organisasi Difabel SANGGAR di Kabupaten Sukoharjo
Diskusi Rencana Aksi per-wilayah (1)

Diskusi Rencana Aksi per-wilayah (2)
  
Diskusi Rencana Aksi per-wilayah (3)

Diskusi Rencana Aksi per-wilayah (4)



#StrategiPemberdayaan
#PemberdayaanMasyarakat
#PemberdayaanDifabel
#RehabilitasiBersumberdayaMasyarakat
#FasilitasiPemberdayaan 
#YSKKberkarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar