Rabu, 19 September 2018

Problematika Pengelolaan Dana Desa


“Kami sudah memetakan permasalahan Dana Desa di seluruh Indonesia. Ada lima kategori problem,” ungkapnya.

Herif menimpali kategori pertama yakni regulasi. Ia tidak menampik masih ada keluhan terkait regulasi yang sulit, tidak sinkron dan sulit dipahami oleh aparatur desa. Kedua, manajemen kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pengelola Dana Desa masih belum merata. 

“Ketiga, karena teknis seperti kondisi geografis dan kurangnya tenaga teknik infrastuktur. Keempat, hukum seperti administrasi atau pidana. Kelima, sebab lain-lain misalnya diculik, dirampok, bencana alam dan sebagainya." terangnya

Ia menimpali kenyataan ini tentunya harus dicarikan solusi terbaik. Satgas Dana Desa, kata dia, punya tugas membantu Menteri dalam perumusan kebijakan dan pengawasan penggunaan dana desa.

"Kami melaksanakan pemeriksaan terpadu. Kami tidak menjatuhkan sanksi ketika ada temuan, tapi meneruskan ke APH dan APIP,” imbuhnya.

Herif menambahkan kebijakan pengawasan Satgas Dana Desa yakni mendahulukan pembinaan melalui pencegahan daripada penindakan. Penyelesaian permasalahan juga diupayakan secara profesional dan obyektif. Pihaknya juga merekomendasikan perbaikan sistem dan kebijakan pimpinan.

“Kami melibatkan masyarakat desa dan semua stakeholders. Karena hampir 75 ribu desa kan seluruh Indonesia dan itu tidak mudah. Tapi, Insyaallah ketika semua masyarakat ikut peduli semisal dalam Musrenbangdes menentukan pembangunan apa ke depan. Lalu, peran teman-teman media yang mengedukasi dan mendorong masyarkat untuk peduli Dana Desa juga penting. Terkadang ada masyarakat tidak mengerti,” paparnya.

Herif mengimbau Kepala Desa dan aparatur Pemdes menjunjung transparansi. Satu diantaranya dengan menampilkan pengelolaan Dana Desa melalui pemajangan baliho. Satgas Dana Desa juga terus berupaya bangkitkan kesadaran pengelola Dana Desa.

“Kami datang melakukan edukasi, advokasi dan pelatihan kepada pengelola Dana Desa. Kami mengharapkan mereka benar-benar kompeten dan mengetahui ketentuannya, serta berintegritas. Dua hal itu yang kita tekankan karena itu paling utama. Peran masyarakat kita harapkan agar Dana Desa bisa sampai pada tujuannya,” tukasnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar